11 Feb 2013

Persiapan Sebelum Melamar

  1. Lamar pekerjaan yang anda minati dan yakin mampu melaksanakan .
  2. Buatlah surat lamaran yang terkesan individual/ personal , khusus untuk perusahaan yang dimaksud .Jangan membuat surat lamaran yang sudah diformat secara standar atau meniru/menjiplak mentah -mentah dari buku.
  3. Usahakan surat tersebut singkat , faktual , dan menarik , dengan bahasa yang jelas dan penampilan menarik , dalam arti : rapi ( tidak ada kesalahan ejaan atau tatabahasa) , bersih ( tinta hitam di atas kertas putih, jangan ada koreksi seperti tip -ex atau perbaikan dengan pensil/ bolpoin sebaiknya ketik dan cetak ulang saja ) dan selalu berusaha ditujukan kepada seseorang tertentu ( nama dan/atau jabatan yang spesifik).
  4. Surat lamaran maksimal hanya satu halaman, selalu disertai resume/ C .V . (curriculum vitae) Anda dan memberi impresi pertama yang positif tentang Anda.
  5. Resume / C .V . Anda sebaiknya memberi detail tentang latar belakang pendidikan,keterampilanketer ampilan yang Anda miliki , pengalaman kerja (full - time, part- time, atau freelance yang memberi Anda kompetensi tertentu untuk melakukan suatu pekerjaan) ,aktivitas ( organisasi, masyarakat,olahraga, dsb) dan prestasi- prestasi (di sekolah maupun luar sekolah) yang pernah Anda raih . Ciri resume / C .V . yang baik adalah: rapi , simpel , jujur , dan akurat .
  6. Sebaiknya bersih dan disusun agar penyampaian informasi menarik serta mudah dibaca . Berilah jarak (margin) pada semua sisi resume/ C . V . Anda sebesar 1 *** 8243 ; ( minimal 1/ 2 *** 8243 ; kalau Anda kekurangan tempat untuk mengisi informasi tentang diri Anda. ) Bagian putih ini membuat resume Anda menarik , bersih , dan mudah dibaca sekaligus memberi tempat bagi calon atasan untuk membubuhkan catatan langsung di situ . Gunakan kertas dan tinta yang sama dengan surat lamarannya.
  7. Baca dan periksa ulang surat lamaran serta resume / C . V. Anda . Pastikan bahwa tidak ada kesalahan tipografis , tata bahasa/ grammar, bahasa yang diulang- ulang / repetitif , layout yang kurang rapi ( miring atau tidak lurus), ataupun kesalahan lain. Suatu kesalahan dalam ejaan saja bisa menyebabkan Anda kehilangan kesempatan yang penting untuk memperoleh pekerjaan.
Silakan membaca buku/ literatur yang tersedia di toko- toko buku. Ada banyak buku yang mengulas cara - cara dan kiat efektif dalam menulis surat lamaran ,resume/ C . V ., maupun memenuhi panggilan wawancara.