22 Feb 2013

Kuis Motivasi Bekerja

Tujuan Kuis Motivasi Bekerja:

Menilai jenis-jenis motivasi bekerja yang cenderung dominan dimiliki oleh pegawai/pekerja seperti, motivasi berprestasi, motivasi kekuasaan dan motivasi afiliasi.

  • motivasi berprestasi : Secara terus menerus berkeinginan dan berupaya untuk membuat segala sesuatu menjadi lebih baik, bersedia menerima kritik, bertanggung jawab, senang pada target yang menantang dan memanfaatkan masukan agar menjadi lebih baik.
  • motivasi berkuasa : Selalu berusaha untuk mempertahankan posisinya dan ingin mencapai posisi yang lebih tinggi, senang mendapat wewenang penuh dan keleluasaan bertindak.
  • motivasi berafiliasi : Selalu berupaya untuk menyenangkan orang lain, senang bersosialisasi dan menghindari penyampaian pendapat yang tidak menyenangkan orang lain, walaupun benar.


Jawablah kuis di bawah ini menggunakan selembar kertas. Nilailah diri anda berdasarkan pernyataan dibawah ini yang menurut perasaan anda paling baik menyatakan diri anda. Nilai 1 menyatakan diri anda yang paling tidak sesuai, 2=kurang sesuai, 3=agak sesuai, 4=sesuai dan nilai 5 menyatakan yang paling sesuai. Pertanyaan Kuis Motivasi Kerja
  1. Saya berusaha sangat keras untuk memperbaiki prestasi yang lalu dalam pekerjaan.
  2. Saya menikmati persaingan dan kemenangan.
  3. Ternyata saya sering berbicara tentang hal-hal yang tidak berkaitan dng pekerjaan kepada rekan sekitar saya
  4. Saya menikmati tantangan yang sulit dalam kehidupan.
  5. Saya menikmati, jika diberikan tanggung jawab besar.
  6. Saya berusaha ingin disukai oleh semua orang.
  7. Saya selalu ingin mencapai kemajuan ketika saya menyelesaikan tugas/pekerjaan.
  8. Saya banyak menghadapi orang-orang yang melakukan hal-hal yang tidak saya sukai/sepakati.
  9. Saya cenderung membina hubungan bersahabat dan akrab dengan rekan sekerja.
  10. Saya senang menetapkan dan mencapai tujuan yang realistis.
  11. Saya senang mempengaruhi orang lain untuk mengikuti cara saya dalam bekerja dan bertingkah laku.
  12. Saya senang masuk kedalam kelompok-kelompok dan organisasi diluar perusahaan tempat saya bekerja.
  13. Saya menikmati kepuasan menyelesaikan tugas yang sukar.
  14. Saya senang mengendalikan orang-orang dalam bekerja dan pada kegiatan diluar kerja.
  15. Saya menikmati bekerja sama dengan orang-orang lain daripada bekerja sendiri.


Kunci Jawaban Kuis Motivasi Bekerja:

Jumlahkanlah jawaban pertanyaan berdasarkan kelompok pertanyaan seperti dibawah ini.
  • Jika jawaban pertanyaan 1, 4, 7, 10 dan 13 jumlahnya paling tinggi maka kecenderungan motivasi yang dominan adalah motivasi berprestasi.
  • Jika jawaban pertanyaan 2, 5, 8, 11 dan 14 jumlahnya paling tinggi maka kecenderungan motivasi yang dominan adalah motivasi berkuasa.
  • Jika jawaban pertanyaan 3, 6, 9, 12 dan 15 jumlahnya paling tinggi maka kecenderungan motivasi yang dominan adalah motivasi afiliasi.


[Bagaimana dengan Motivasi Bekerja Anda? Mau berbagi? - Admin]