13 Feb 2013

Inilah Peluang Usaha Online

Peluang usaha online menawarkan berbagai kemudahan yang tak tertandingi dibanding dengan bisnis lainnya. Dua dari sekian banyak keunggulan tersebut adalah modal yang relatif rendah (bahkan tanpa modal) dan fleksibilitas. Anda dapat membangun bisnis sampingan dan bekerja dari rumah, mengatur waktu Anda sendiri tanpa harus terikat dengan jam kerja.Berikut ini 10 ide peluang usaha online yang dapat Anda mulai dari rumah:
  1. Menjual aneka produk di situs jejaring sosial Membuka toko retail yang fokus pada ceruk pasar tertentu menjadi tren yang cukup populer semenjak munculnya jejaring sosial seperti Multiply dan Facebook . Anda dapat menjual produk-produk kecantikan, mainan, beraneka busana, item koleksi dan lain sebagainya. Pada dasarnya apa yang dapat dijualbelikan hanya tergantung dari imajinasi saja.
  2. Membangun situs otoritas.Banyak orang yang memakai mesin pencari seperti Google berpuluh kali setiap harinya. Namun, satu hal yang membuat kebanyakan orang kecewa adalah sulitnya menemukan informasi berbobot. Bagi seorang entrepreneur, tentu saja ini kondisi ini menyalakan bohlam di benak mereka. Ide cemerlang pun bermunculan. Salah satunya adalah membangun situs otoritas. Situs portal yang mencoba menyediakan segala informasi membutuhkan biaya dan sumber daya yang sangat besar untuk memelihara standar kualitas. Tapi setiap orang dapat menargetkan satu ceruk pasar di mana kesempatan masih terbuka lebar, menjadi otoritas dan mendominasi pasar tersebut.
  3. Mengembangkan komunitas Contoh yang paling sederhana adalah forum, namun dengan hadirnya situs jejaring sosial tentu cakupannya menjadi lebih luas lagi. Forum umum akan segera menurun popularitasnya dengan munculnya banyak komunitas-komunitas kecil dengan anggota yang tertarget. Jika harus memilih bergabung dengan keramaian, di mana lawan bicara Anda belum tentu tertarik dengan topik yang ingin Anda utarakan, atau menjadi bagian dari kelompok yang saling mendukung satu sama lain dan berbagi minat… tentu semua orang akan memilih yang kedua. Komunitas kecil dan medium di mana satu anggota mendapat kesempatan untuk mengenal lebih jauh anggota lainnya akan menjadi faktor yang sangat berharga.
  4. Aktif di situs lelang Situs lelang seperti eBay dan situs-situs lelang lokal membuka kesempatan bagi siapa saja untuk memulai usaha sampingan dari rumah. Dengan peluang dropshipping yang ditawarkan oleh berbagai produsen dan distributor, model ini cukup populer karena biaya operasi dan modal yang relatif rendah. Bagi yang masih awam tentang istilah dropshipping, cara kerjanya sederhana sekali. Anda mencari pelanggan yang ingin membeli produk apa saja dan kemudian produsen atau distributor Anda akan mengirim produk atas nama Anda sebagai pengecer. Pelanggan tidak akan tahu bila Anda itu seorang pengecer. Tidak ada inventaris yang perlu dikuatirkan dan modal yang dibutuhkan praktis nol, atau sangat kecil.
  5. Menyediakan berbagai jasa Tidak terbatas pada produk, Internet memperbolehkan Anda menjual jasa. Dengan munculnya berbagai jenis projek yang tidak memiliki wujud fisik, maka semua dapat dikerjakan online. Bebebarapa contoh dari peluang ini adalah bisnis desain web dan grafis, menulis konten web, copywriting, menata dan memelihara situs e-commerce,software house, jasa pemasaran online, dan masih banyak lagi. Bahkan, untuk beberapa jasa yang memerlukan tatap muka dan melibatkan barang fisik, tetap saja operasinya dapat dilakukan melalui dunia maya. Dengan hadirnya teknologi video conference dan telepon gratis seperti Skype, tatap muka langsung dapat diminimalkan menjadi sebulan sekali misalnya. Dan bila ada dokumen yang harus dikirim, bisa menggunakan mesin pemindai agar dapat diemail, atau menggunakan jasa kurir.
  6. Blogging Sulit dibayangkan bagi sebagian orang, Anda dapat menulis dan berbagi cerita mengenai topik yang Anda sukai, lalu dari sana muncul berbagai kesempatan untuk menghasilkan uang. Tapi itulah kenyataannya. Blogger dapat menulis topik apa saja dari kuliner, wisata ke lokasi-lokasi unik, tips mengasuh anak, resep masakan… pada dasarnya topik apa saja. Kesempatan yang datang dapat berupa penawaran menulis buku, menulis dan menjual e-book online, menjadi pembicara untuk seminar dan workshop atau berbagi hasil dari iklan yang ditayangkan di situs Anda.
  7. Publikasi newsletter berkala Jika Anda sudah menggunakan Internet selama beberapa waktu, pasti segera menyadari sulitnya menemukan informasi bermutu saat memerlukannya. Dengan hadirnya banyak situs sampah di mesin pencari, banyaknya informasi yang tersedia tidak berarti apa-apa. Butuh sangat banyak waktu dan usaha untuk menyaring segala jenis informasi yang masuk. Seperti mencari jarum dalam tumpukan jerami. Itulah sebabnya bisnis publikasi kembali marak. Bedanya jenis publikasi ini semakin terpecah. Jika dulu suatu publikasi harus mencakup semua topik (seperti media massa tradisional), maka sekarang saatnya peluang terbuka untuk topik yang tertarget. Ini membuka kesempatan bagi pemain kecil untuk memasuki pasar. Dengan Internet, Anda dapat menjangkau pemirsa yang luas. Dilengkap dengan topik yang hangat dan berbobot, sangat mungkin mendapat sambutan yang baik dari komunitas, bahkan dibanding publikasi profesional. Kabar baiknya,Anda tidak butuh ratusan ribu pembaca agar dapat menjalankan usaha ini.
  8. Jasa konsultasi.Jasa konsultasi dalam bentuk apa pun dapat menggunakan Internet untuk mencari prospek. Tambahan lagi, dengan munculnya berbagai bidang baru yang kebanyakan masih asing bagi perusahaan yang membutuhkannya, maka muncullah peluang jasa konsultasi baru. Sebagai catatan selama kurang dari dua dekade saja telah bermunculan berbagai profesi yang sama sekali tidak pernah ada sepanjang sejarah. Hal ini menyebabkan dibutuhkannya pelatihan dan konsultasi terutama bagi perusahaan yang ingin menjamah ranah baru ini. Beberapa contohnya adalah pelatihan media sosial untuk korporasi, konsultasi periklanan dan lead generation yang efektif dari Internet, optimasi situs web dan lain sebagainya.
  9. Perangkat lunak berbasis web Perkembangan teknologi sekarang ini sedang bergerak menuju apa yang kita namakan cloud computing, yakni komputasi berbasis awan. Sebagian besar aplikasi akan tersedia melalui Internet dan bukan dari komputer pemakai. Keuntungannya adalah dari mana pun Anda mengakses, data Anda akan selalu tersedia. Untuk software developer dan programmer, ini adalah peluang besar untuk memulai bisnis baru dan mendapatkan pelanggan secara nasional, atau bahkan internasional. Perangkat lunak tentu saja tidak dibatasi oleh aplikasi yang ada saat ini. Bisa jadi dikombinasikan dengan e-commerce, misalnya saja situs kumpuplan kupon belanja atau ulasan lokasi restoran dan sebagainya. Tentunya model bisnis untuk setiap jenis perangkat lunak yang ada berbeda-beda. Dengan kata lain satu peluang ini saja sebenarnya mencakup peluang bisnis yang sangat besar dan menguntungkan.
  10. Bisnis informasi, Saya telah menyisakan yang terbaik sebagai penutup Ini adalah salah satu model bisnis favorit saya karena rendahnya biaya, fleksibilitas dan potensi keuntungan yang besar. Pada dasarnya Anda hanya menuangkan apa yang telah Anda ketahui dalam paket informasi yang dapat dikonsumsi oleh publik. Beberapa format contoh produk informasi adalah e-book, audio digital (MP3), CD audio, DVD, pelatihan online (e-learning), sampai seminar dan workshop. Dengan teknologi yang ada saat ini, membuat produk informasi sangat mudah dan terjangkau tapi harga banderolnya disesuaikan dengan kualitas informasi yang dikandungnya, bukan materi fisiknya. Dengan sedikit riset, tentu Anda dengan mudah menemukan banyak marketer yang menjual e-book dan pelatihan dalam segala bidang… termasuk kebugaran, kesehatan, diet, pemasaran, bisnis, sampai kencan, pengembangan diri, masak memasak, pendidikan dan berkebun sekalipun. Jika Anda mengetahui sesuatu yang dibutuhkan orang lain, ini adalah kesempatan untuk menjangkau pemirsa Anda melalui Internet dan menarik untung yang besar. Karena saya sepenuhnya mendukung transparansi dalam pemasaran, maka harus saya utarakan bahwa ini salah satu yang saya ajarkan.Bukan saja karena relatif mudah dibanding model lain, tapi juga sangat menguntungkan. Ini salah satu model bisnis online terbaik.
Jika Anda tertarik sedikitpun, saya sarankan Anda mencari informasi lebih lanjut karena inilah saat yang paling tepat untuk melirik peluang usaha online. Dengan semakin banyaknya orang yang menyadari kesempatan ini, maka kompetisi akan menjadi sengit di masa yang akan datang. Jadi mulailah sekarang juga, walaupun hanya sebagai usaha sampingan anda.