16 Feb 2013

Ingin Sukses Melamar Kerja

Sukses Melamar Kerja, Jangan Pernah Tulis Ini di CV
K. Wahyu Utami - Okezone

PENULISAN kalimat dalam daftar riwayat hidup saat melamar kerja menjadi poin kesuksesan Anda dalam mencari kerja. Untuk itu, selektiflah memilih kata agar pencarian kerja Anda lancar. Sering kali ditemui pada resume lembar pekerjaan mengenai penulisan pengalaman yang luas. Akan tetapi,menurut ahli karier, David Schwarz, penggunaan istilah tersebut tidak hanya membuat CV Anda terkesan tidak menggambarkan diri Anda sendiri dan justru membohongi calon perusahaan yang akan merekrut Anda. "Banyak para pelamar yang menuliskan kata-kata itu pada lembar CV mereka, dan mereka mengabaikan detail,"

Schwarz, seperti dikutip News.com.au. Schwarz mengatakan bahwa semua yang Anda masukkan ke dalam resume perlu didukung dengan bukti. "Jika Anda tidak dapat membuktikannya dengan benar sesuai pada istilah yang Anda gunakan, maka hal itu dapat membuat Anda terlihat seperti orang bodoh,” sambungnya.

Dia menambahkan, calon pelamar tidak harus mencakup pernyataan aspirasi dalam resume mereka. Seperti ingin menjadi atau memiliki tujuan ke depan seperti apa, namun mereka harus mengatakan keahlian yang benar-benar mereka miliki. “Dan kata-kata yang kerap kali ditemui pada resume jarang sesuai dengan keahlian mereka yaitu, kreatif, efektif, termotivasi, pengalaman yang luas, inovatif, tanggung jawab, menganalisis, keterampilan komunikasi, dan berpikiran positif,” tutupnya, sebagaimana yang dilansir Times of India.