12 Feb 2013

Memilih Karir Sesuai Keinginan

Memilih Karir Sesuai Keinginan Apa yang Anda bayangkan jika diminta untuk menjelaskan satu kata yaitu karir. Banyak yang membayangkan bahwa karir adalah saat-saat bekerja Anda, sejak pagi hingga sore, dan setiap hari hingga pensiun. Namun sebenarnya sebuah karir adalah sebuah visi bagi Anda. Andalah yang menentukan kemana Anda akan melangkahkan kaki menuju masa depan Anda.

Kegiatan rutin pekerjaan Anda sehari-hari bukanlah karir, itu hanya pekerjaan semata. Saat pekerjaan sudah tidak sesuai dengan arah karir Anda, itulah saat dimana Anda harus mulai meninggalkannya, dan mencari pekerjaan yang sesuai.

Kembali belajar adalah sebuah alternatif untuk meningkatkan dan menajamkan arah karir Anda. Saat Anda sudah harus membanting setir arah karir Anda, ada pilihan selain pindah kerja, yaitu kembali melanjutkan sekolah. Pilihan untuk kembali sekolah adalah keputusan yang cukup cerdas. Anda dapat kembali me- recharge kemampuan Anda, menambah pengetahuan Anda, dan setelahnya Anda akan menemukan diri Anda jauh lebih baik dan bisa menata langkah karir lebih baik lagi.

Mungkin Anda berfikir terlalu berbahaya untuk meninggalkan pekerjaan Anda sekarang. Maka pilihan selanjutnya adalah meneruskan pekerjaan Anda, namun disaat yang sama Anda mengambil sekolah lanjutan. Sekolah lanjutan ini bisa Anda ambil dalam bentuk Kuliah Sabtu-Minggu, Kuliah Malam, atau yang mulai trend saat ini yaitu Kuliah Jarak Jauh atau Kuliah Online.

Deskripsi Pekerjaan Baik Anda yang memilih melanjutkan pekerjaan saat ini atau mencari pekerjaan baru, pengetahuan mengenai deskripsi pekerjaan sangat penting. Anda bisa mempelajari deskripsi pekerjaan secara online di banyak website portal lowongan kerja. Deskripsi pekerjaan ini dapat Anda gunakan untuk memilih bidang karir, maupun untuk mempersiapkan wawancara. Semakin banyak yang Anda pelajari, semakin siap dalam menentukan pilihan karir. Dan semakin dalam pemahaman Anda terhadap deskripsi pekerjaan, semakin lancar pula Anda merespon setiap pertanyaan pewawancara Anda.

Kerja Full-Time atau Part-Time Tanyakan pada hati nurani Anda mengenai pribadi dan gaya hidup yangmenurut Anda lebih nyaman. Bagi sebagian orang kerja full-time lebih jelas dan statusnya pun lebih diakui di masyarakat. Namun bagi sebagian lainnya kerja full-time membuat tidak bebas, kadang mesti lembur, dan terlalu melelahkan. Oleh karena itu sebagian orang ini memilih kerja part-time, lebih bebas mengatur ritme kerja, lebih banyak waktu dengan keluarga, meski dengan resiko dipandang miring oleh tetangga. Namun dengan penjelasan yang tepat, tidak akan timbul masalah dengan tetangga Anda. Sekarang tinggal Anda yang harus memilih.

Jangan hanya menjalani hidup sebagaimana orang lain hidup. Ini hidup Anda. Ini karir Anda. Waktu terus berjalan. Segera putuskan.

Catatan: Kembali kami ingatkan kepada Anda pencari kerja, bahwa karir jauh lebih penting daripada pekerjaan. Bila Anda merasakan lelah dan sering mengeluh dalam bekerja, mungkin itu satu tanda bahwa Anda baru bekerja, namun belum menemukan karir Anda. Bahkan mungkin sudah saatnya Anda memikirkan untuk merencanakan karir Anda.